Minggu, 20 Maret 2011

Sepeda Fixie





oleh radhitgugii
Gan, anda tahu Fixie? Mungkin bagi sebagian orang terdengar asing, namun bagi kalangan remaja saat ini fixie merupakan kebutuhan tersier yang melambangkan kebanggaan dan derajat gaya hidup remaja. Derajat gaya hidup yang sebenarnya tidak berfungsi apa apa. Alih-alih menjalankan slogan Go Green yang meminimalisasikan penggunaan bahan bakar minyak kendaraan bermotor dan mengurangi populasi udara, gaya hidup sehat dengan bersepeda pun semakin marak di indonesia. Mulai dari kalangan petua yang mulai mensosialisasikan kembali trend sepeda ontel yang dulu pernah popoler, bersepeda gunung bagi kalangan mewah, dan yang sedang menjadi bahan pembicaraan saat ini yaitu trend bersepeda fixie.
Apa itu sepeda fixie? Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah Amerika sana, persisnya di New York. Mereka mengalami masalah lead time pada saat mendeliver paket mereka karena kondisi kota New York yang begitu padat. Makanya mereka memilih sepeda sebagai altrernative, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat. Fixie Bike, yang menggunakan Fixed Gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal.. atau bahasa jawanya sering disebut dengan sistem ‘door trape’, hehe
Berminat untuk memiliki sepeda fixie? Tahan dahulu ambisi nya gan soalnya harga fixie saat ini sedang melambung. Untuk harga termurah yang saya temui selama pengembaraan saya di dunia persepedaan, harga sepeda super simple ini berkisar antara 1 juta sampai 10juta bergantung pada brandnya. Terus apa ada solusi lain bagi kalangan mahasiswa yang ini memiliki sepeda fixie seperti kita ini? Yang setiap hari makan seadanya, uang saku dibatasi oleh orang tua, belum lagi harus antar jemput pacar yang tentunya menghabiskan biaya, memiliki fixie adalah sesuatu yang sangat sulit
Setiap masalah pasti ada solusinya gan. Berikut tips dari saya untuk merakit fixie sendiri dengan budget terbatas dan tentunya budget yang halal.
Pada dasarnya sepeda fixie merupakan sepeda paling sederhana. Jadi kita harus memanfaatkan kesederhanaan tersebut. Langkah pertama menurut saya adalah mengucap basmalah. Why? Karena dalam agama saya, sebelum kita melakukan sesuatu sebaiknya diawali dengan membaca basmalah agar dipermudah oleh ALLAH SWT. Langkah kedua, mintalah izin dan ridho dari orang tua karena Ridho ALLAH SWT merupakan Ridho orang tua. Langkah ketiga, mintalah izin dari pacar anda untuk sedikit menahan ambisinya untuk mengajak kita jalan jalan atau sekedar makan di cafĂ©, mungkin langkah ini sedikit sulit karena saya jamin anda akan diceramahi pacar anda. Langkah keempat mulailah cari informasi tentang fixie di daerah anda. Oh iya, di daerah saya tinggal, khususnya di Way Kandis City sangat sulit untuk mendapatkan informasi tentang fixie (jangankan di WayKandis, di Bandar Lampung pun sangat sulit untuk mencari informasi dimana lokasi untuk mencari peralatan fixie). Lantas adakah solusinya? Untungnya anda membaca Blog yang tepat. Setiap permasalahan pasti ada penyelesaiannya gan. Dizaman modern ini segalanya bias didapat, mulai dari toko kamera online, toko fashion online, toko peralatan sex online, sampai toko pacar online pun ada, jadi jangan khawatir. Langkah selanjutnya setelah menemukan service toko yang lumayan menyenangkan, mulailah mencari bahan bahan perakit fixie. Ingat tapi gan !! budget kita terbatas. So pilih lah bahan bahan dengan bijak, harga yang terjangkau dikantong kita. Langkah selanjutnya setelah melakukan proses seleksi yang sangat panjang, mulailah proses pemesanan gan (sekedar saran gan, jikalau memungkinkan lebih baik proses transaksi dilakukan sekaligus mengingat dikenakannya biaya tambahan pengiriman). Okee deal harga, transfer segala macam urusan selesai, tiba lah barang yang diinginkan. Dengan hati berbunga bunga, bukalah kardus barang tersebut, ingatlah untuk selalu melafadzkan basmalah. Setelah dicheck barang oke semua, sesegera mungkin ke bengkel sepeda kepercayaan anda untuk merakitnya.
Mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat ya gan. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf, Saran dari saya yang terakhir, jikalau agan agan telah berhasil merakit sepeda fixie sendiri dan jika berkenan mohon kirim foto sepeda fixie nya ya gan, buat bahan sharing.
See you gan .. we proud INDONESIA, we love INDONESIA ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar